Boolean
merupakan operasi matematika berarti beririsan, dimana disini memberi contoh
operas modify boolean.
Union
Union
merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu
bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa
buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan
menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati
dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan
tidak ada lagi yang salah.
1. Pertama
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya
akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
3. Hasil
dari Union
Intersection
Intersection
merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan
objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya
guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih
gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :
1. Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya
akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection
3. Hasil
dari Intersection
Subtraction
Subtraction
merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya
bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini
biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk
rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk
lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk
Maya 2013 ini dinamakan Difference
1. Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya
akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
3. Hasil
dari Subtraction/Difference
Cut
Cut adalah
salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus
keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools
namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1. Buat
sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2. Pilih
Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3. Kita
tentukan garis yang kita potong dalam objek
4. Lihat
Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
5. Hasil
dari Cut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar