Senin, 03 Desember 2012

OBJEK 2D dan CONTOHNYA




Grafik 2 Dimensi yaitu teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak), supaya dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.

Grafik Komputer 2D

        Grafik komputer 2D ialah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.

        Salah satu cara yang termudah untuk membuat sebuah gambar 2D kompleks yaitu dimulai dengan sebuah "canvas" kosong yang diisi dengan warna latar tertentu, yang kemudian kita "draw", "paint", atau "paste" suatu warna kedalamnya, dengan urutan-urutan tertentu. Intinya, kanvas tersebut merupakan "frame buffer" atau bayangan dari layar komputer.

        Model-model yg dipakai di disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).

        Banyak antarmuka grafis atau yang kita kenal dengan GUI (Grapical User Interface) yang berbasiskan model grafis 2D. Software-software yang mendukung GUI dapat menciptakan "keadaan visual" dalam berinteraksi dengan komputer, sehingga para pengguna tidak selalu harus melihat tulisan. Grafik 2D juga penting bagi kendali peralatan-peralatan semacam printer, plotter, shredder, dan sebagainya. Mereka juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire, chess, atau mahjong.

ini adalah bentuk-bentuk obyek 2D standar yang biasanya lazim digunakan dalam menggambar, antara lain :

1. Dounat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq43joGvY9Y4AzLMpRVcKILyvACWWJb0WGF6tJdMtyZY4eCnXHcRETDck9znJjDJm5uaPhsnPe3hJZi8R_PdXagGgda5A34dhSB2NM8sh-MJMPWrJPZ5-il7yxvgKx2ruZJ-46JsYp2YI/s320/7.jpg








2. Line


http://www.gubugflash.com/wp-content/uploads/2012/02/capture15.jpg

3. Circle
http://draftersipil.files.wordpress.com/2010/07/ci.jpg

4. Circle dan Star

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEil7nfU_BKeaOX6s57c2CSzP0twBsQ3ZHfgqhamLTD_SLeVzWXGqvwcHT_QSTqxKYGMX4DNmehoXJEX_v3Jx17bZUj2F50MCt5WRkCOwHPlCOZTi8lBcEYxBto8v2BqPTlY0vTpNHN7Ffb5/s320/BLEND+TOOL.jpg



sumber gambar: http://google.com/
sumber gambar: http://google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar