Customer Supportnya
Isalah satu faktor terpenting ketika Anda memilih perusahaan Web Hosting yang
tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Siapa pun Anda, Anda akan selalu memberikan
pertanyaan, komentar, bahkan mendapatkan problem.
Jenuh dengan perusahaan Web Hosting yang menawarkan
Technical Support 24 jam namun telephone mereka jarang diangkat atau hanya
dijawab dengan answering? Atau bahkan “Live Chat” (Human Click, PHP Live)
mereka yang selalu offline? Apa hal yang paling dikhawatirkan oleh seorang
Customer setelah selesai melakukan pembayaran? Tentu saja khawatir akan
pelayanan support yang buruk oleh perusahaan Web Hosting tsb!
Sebelum Anda memilih perusahaan web hosting untuk
website Anda, pastikan bahwa semua pertanyaan Anda baik melalui e-mail,
telepon, maupun chat online selalu dijawab dalam waktu yang cukup singkat
(kurang dari 1 jam). Hal ini secara langsung mengukur tingkat profesionalitas
layanan.
Pastikan Perusahaan Hosting yang Anda Pilih benar –
benar sebuah Perusahaan yang Profesional
Perusahaan tempat Anda membeli Nama Domain atau Layanan Web Hosting bisa jadi
tidak lebih dari seorang anak SMA /Kuliahan yang melakukan pendaftaran domain
dan experiment server di kamar tidurnya atau dengan kantor asal jadi saja? Bagaimana
kelanjutan Nama Domain Anda ketika saat perpanjangan nama domain, security nama
domain Anda dan lain sebagainya, jika perusahaan tersebut tidak serius atau
bahkan telah tutup (tidak exist lagi)? Nama domain Anda beresiko lepas ke
publik dan bisnis Anda tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.
Salah satu cara pengecekan berapa lama perusahaan web
hosting yang Anda pilih di antaranya dengan melakukan whois pada domain
perusahaan web hosting tersebut.
Domain Anda Milik Siapa?
Sejauh ini kami mengamati masih banyak perusahaan web hosting yang tidak
transparan dalam memberikan layanan. Sebagian perusahaan ini tidak memberikan
domain yang telah dibeli kepada customer sesuai haknya. Atau mungkin domain di
atasnamakan customer namun customer tidak diberikan Domain Manager untuk
melakukan pengelolaan terhadap domainnya sendiri.
Hak atas domain yang tidak di berikan kepada customer
akan membawa kesulitan :
· Jika
customer menghendaki pindah hosting, maka customer tidak dapat melakukan
pemindahannya sendiri karena tidak memiliki akses pengaturan domain
· Jika
customer menghendaki untuk mentransfer domainnya ke Registrar lain, maka hal
ini tidak dapat dilakukan sendiri, harus melalui pihak registrar lama
· Jika
suatu saat perusahaan web hosting tersebut tutup, customer tidak dapat
mengelola lagi domainnya. Resiko paling parah adalah bahkan customer akan
kehilangan domainnya karena sudah tidak dapat di perpanjang lagi
Harga Murah? Anda justru patut curiga!
Konsekuensi dari menghadirkan layanan prima tentu saja adalah masalah biaya.
Adalah gimmick jika ada slogan harga murah tetapi layanan prima. Rumahweb
berusaha untuk tetap rasional pada harga. Kami memiliki kantor yang beroperasi
24 x 7 dengan customer service dan technical support yang senantiasa siap
membantu Anda kapanpun. Konsekuensinya tentu saja biaya operasional kami
menjadi lebih tinggi. Berbeda sekali dengan perusahaan web hosting kebanyakan
yang hanya dijalankan oleh satu atau dua orang dan bekerja secara personal
bahkan hanya sebagai kerja sampingan.
Bayangkan saja jika Anda sekarang tertarik dengan
harga yang murah, akan tetapi tahun depan atau bahkan bulan depan perusahaan
web hosting tersebut sudah tidak eksis lagi. Apa yang akan terjadi? Anda
kehilangan domain, kehilangan data – data web, dan kerugian lain yang Anda akan
menyesalinya, bahkan mungkin akan membuat Anda jera.
Pastikan Anda menggunakan layanan hosting pada
perusahaan yang benar – benar profesional. Hubungi via telepon, online chat,
atau e-mail untuk memastikan hal tersebut.
Serba Unlimited = Impossible!
Banyak sekali web hosting yang menawarkan fasilitas – fasilitasnya serba
unlimited. Mungkinkah itu? Jelas tidak. Segala sesuatu yang bersifat teknis
selalu memperhitungkan batasan – batasan kemampuan teknis.
· Unlimited
Space : jelas tidak mungkin, apapun hardisknya selalu ada batasan
quota space
· Unlimited
Traffic : semua server yang di letakkan di datacenter memiliki batasan
traffic dari datacenter tersebut. Selain itu, website dengan traffic yang besar
sudah pasti menggunakan resource CPU lebih tinggi. Jadi janji – janji unlimited
traffic jelas tidak lagi rasional!
· Unlimited
Database : satu hal yang pasti, database yang besar atau jumlah
database yang banyak akan memakan resource CPU dalam satuan yang sangat besar.
Konsekuensinya server akan hang atau terganggu kinerjanya pada saat pemakaian
CPU oleh customer berlebih. Akibatnya server akan down dan website Anda tentu
saja akan menjadi korban
Reseller Hosting atau Bukan ya?
Salah satu cara paling ekonomis untuk memulai usaha web hosting adalah menjadi
reseller web hosting karena tidak perlu membiayai server sendiri. Namun apa
resikonya bagi pelanggan?
Yang jelas reseller tidak akan pernah dapat mengelola account – account hosting dengan mudah karena akses tertinggi hanya dimiliki oleh pemilik server. Akibatnya permintaan – permintaan teknis seperti permintaan pergantian ownership file, e-mail trouble shooting, DNS propagation, dan banyak hal lain tidak dapat terlayani dengan cepat karena harus menunggu dari pihak pemilik server untuk melakukan tindakan.
Yang jelas reseller tidak akan pernah dapat mengelola account – account hosting dengan mudah karena akses tertinggi hanya dimiliki oleh pemilik server. Akibatnya permintaan – permintaan teknis seperti permintaan pergantian ownership file, e-mail trouble shooting, DNS propagation, dan banyak hal lain tidak dapat terlayani dengan cepat karena harus menunggu dari pihak pemilik server untuk melakukan tindakan.
Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah bahwa
reseller tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada server. Apabila server
down karena suatu hal, maka reseller tidak dapat menyelesaikan trouble
tersebut. Sekali lagi harus menunggu dari pihak pemilik web server.
Tentu saja perusahaan hosting yang profesional tidak
akan pernah mempertaruhkan pelanggannya dengan menjadi reseller dari web
hosting lain.
Kualitas Hardware, Software, dan Internet Connectivity
Perusahaan hosting yang profesional dan menjaga nama baiknya tentu saja tidak
akan mempertaruhkan kualitas layanan. Oleh karena itu hardware dan software
pada server tentu saja akan menjadi salah satu concern utama dalam menghadirkan
layanan yang prima. Di samping itu satu hal yang pasti, datacenter yang
digunakan juga adalah datacenter yang benar – benar berkualitas dengan internet
connectivity backbone yang handal sehingga website pelanggan akan cepat diakses
dan stabil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar